Tuesday 26 November 2013

Teori "Nggak apa-apa"

"Aku nggak apa-apa."
Kalimat ini bisa punya banyak arti. Katanya, kalau orang (terutama perempuan) ditanya terus jawabnya "nggak apa-apa" berarti sebenarnya dia itu kenapa-kenapa.
Teori yang entah darimana datangnya itu memang ada benarnya, sih.
Pernah suatu hari ada yg bertanya, "sa, kamu kenapa?"
Lalu tanpa berpikir panjang aku jawab,"nggak apa-apa, kok."
Ya, tanpa berpikir.
Karena aku harap, dengan aku jawab seperti itu, dia tidak akan bertanya lagi.
Ya, jawaban itu kadang hanya sebagai alasan untuk membuat orang2 diam dan tidak bertanya lagi. Kadang, kata 'nggak apa-apa' itu juga bisa sebagai kekuatan kita untuk memberitahu kepada diri sendiri dan orang lain kalau diri kita baik-baik saja, atau berharap semua akan baik-baik saja.

Aku sendiri kadang menganggap "nggak apa-apa" sebagai harapan kalau memang semuanya akan baik-baik saja. Ya, harapan. Aku pikir "nggak apa-apa" akan membuat hal yg kita pikirkan akan baik-baik saja dengan sendirinya. aku tahu, itu teori bodoh yang aku punya. Setidaknya, kata 'nggak apa-apa' bisa membuat hatiku tenang sedikit. Ya, sedikit.

Pernah ada yg bertanya seperti ini,
X : kamu kenapa?
Aku : gppa, kok.
X : yakin nggak apa-apa?
A : ...

Ketika seseorang bertanya apakah aku baik2 saja untuk kedua kalinya untuk meyakinkan kalau aku memang baik-baik saja. Aku suka terharu. Haha. Kedengarannya 'lebay' tapi memang itu yg aku rasakan.

Beda lagi kalau seperti ini
X : kamu kenapa?
Aku : gppa, kok.
X : yakin nggak apa-apa?
A : iya, gppa kok.
X : beneran nih? Bener gppa?
A : iyaa.
X : bener gppa, ya?
Nah, kalau buat aku, bertanya lebih dari dua kali itu agak menyebalkan. Secara nggak langsung dia tuh meminta atau mungkin memaksa kita untuk bercerita.

X : kamu kenapa?
Aku : gppa, kok.
X : yakin nggak apa-apa?
(Nah, waktu dia bertanya untuk kedua kalinya ini adalah sebuah pilihan. Menceritakan masalah kita atau tetap memendamnya sendiri. Jadi, pikirkan baik2)
A : ... iya, gppa.
X : yasudah kalau nggak apa-apa.
A : iya.

"yasudah kalau nggak apa-apa" juga punya banyak arti, loh. Ini dugaanku, arti dari "yasudah nggak apa-apa" adalah :
1. "baiklah, kalau memang km tidak atau belum mau cerita."
2. "Aku harap kamu memang tidak knapa2"
3. "Kenapa kamu nggak terus terang saja km knapa?" (Kesal karna gak cerita)
4. "Yasudah. Itu urusanmu."
5. "Baiklah."
Mungkin ada yg mau menambahkan? Hehe

Bonus:
Kalau orang pacaran, biasanya percakapannya kaya gini :
X : kamu kenapa ?
Y : gpp
X : marah ya?
Y : g
X : maaf ya?
Y : y
*tamat*
Akakak.. Nyebelin emang XD artiin aja sendiri kalau itu. Haha.

Yap, Begitulah teori "nggak apa-apa" versi aku. Yeii! Hehe. Namanya juga versi aku, jadi emang cuma berdasarkan pemikiranku saja:)u

No comments:

Post a Comment

Dua Puluh Tahun

Tenang, kali ini kita tidak akan bertemu aku 20 tahun lalu. Haha. Dua puluh tahun adalah alasanku 'menolak' orang yang pertama kali ...