Wednesday 21 January 2015

nasi goreng



Menurut kesotauanku, kebanyakan turis atau orang dari luar -planet- Indonesia kalau ditanya “Paling suka makanan apa kalau di Indonesia?” jawabnya adalah “Nasi goreng.”
Aku dulu pernah mikir gini, nasi goreng perasaan biasa aja kenapa orang-orang pada suka? Yes, it was.
Jadi, kayaknya dari kecil aku emang nggak suka jajan sana jajan sini kecuali dijajanin #yeuu . hehe. Maksud aku .. seingatku aku nggak pernah jajan nasi goreng yang dijual di pinggir jalan ituloh. Jarang banget. Bukannya aku ga suka nasi goreng, tapi ibu kadang suka masak nasi goreng buat sarapan dan itu udah cukup buat aku. udah enak banget dan membuatku nggak pernah berpikir buat jajan nasi goreng malam-malam kaya gitu tuh nggak pernah. Selain karena emang di rumah aku nggak ada abang-abang yang ngider jualan nasi goreng mungkin, ya.  Jadi, aku dulu menilai nasi goreng tuh adalah sesuatu yang dimakan buat sarapan aja.  Sama kaya bubur yang aku kayaknya nggak pernah makan bubur selain di pagi hari.
Gitu aja terus aku mikirnya sampai suatu hari kehidupanku berubah semenjak negara api nggak menyerang-nyerang #apalah
Berawal dari aku memulai hidup di Bandung. Ikut tinggal bersama saudara yang di sana ada adik sepupu aku laki-laki berumur kelas tiga SMP dan adik sepupu aku lagi perempuan berumur kelas tiga SD. Malam itu, kita lagi guling-guling depan tv yang nggak kita tonton. Aku sibuk foto-foto sama adik sepupu yang perempuan, dan adik sepupu aku yg laki-laki asik main computer.
Teng teng teng teng teng.” Suara kuali diketrok.
“Ih, itu tukang nasi goreng, ya? mau laaah.” He said.
“Ya sok atuh keluar panggil.” His mom answer.
“Gimana manggilnya? Panggilin atuh, bu..” Yah, anak jaman sekarang. Hehe.
“sana keluar panggil sendiri. Teriak aja nanti juga ke sini.”
Singkat cerita, aku ikut nyobain beli juga dan … hey, kok enak banget. Pake mecin pasti. Haha. Tapi enak banget sih. Ya, itulah pertama kali aku jajan nasi goreng malam-malam. Tapi, aku nggak jadi nasi goreng addict juga karena kejadian itu. masih biasa aja.
Sampai akhirnya aku benar-benar jadi anak kosan. Aku baru ngerti kenapa baegitu banyak abang2 jualan nasi goreng pada malam hari. Jadi, nasi goreng itu bisa dimakan nggak Cuma buat sarapan aja. Wooo.
Aku suka beli nasi goreng ketika aku bingung mau makan apa lagi. Ada satu tempat juaan nasi goreng yang kata aku enak. Lokasinya nggak jauh dari kosan aku. jalan kaki dua menit juga sampai.
Dan tahu apa? Ternyata abang nasi goreng itu tuna wicara. Tapi, masakannya enak banget. Dia juga ramah sama semua yang beli.
Di dunia ini emang nggak ada yang sempurna, tapi selalu ada aja sisi tiap orang yang membuat dia jadi ‘sempurna’. Gimana ya belibet dah gue. Hehe. Intinya, jangan pernah menyerah sama keterbatasan yang kita punya karena kita selalu punya hal yang orang lain nggak bisa lakuin. Kalaupun bisa, mungkin nggak akan sama kaya apa yang kita lakuin. Yagitudeh. #mulai #gaje
Kaya nasi goreng, semua mungkin bisa bikin nasi goreng. Tapi rasanya pasti beda-beda. Udah yang paling enak tuh so far nasi goreng yang dekat kosan aku sama nasi goreng abang pertama yang  aku beli sama adik-adik sepupu. Sama …. Nasi goreng buatan aku juga.
He
He
He
Gapapa, bangga sama masakan sendiri mah.. gapapa..
Iya.

No comments:

Post a Comment

Dua Puluh Tahun

Tenang, kali ini kita tidak akan bertemu aku 20 tahun lalu. Haha. Dua puluh tahun adalah alasanku 'menolak' orang yang pertama kali ...