Wednesday 19 August 2015

Es Teh Manis



Jenis minuman yang sepertinya hampir ada di setiap restaurant atau café ini memang sudah tidak asing lagi. Semua orang tahu dan bahkan pernah mencoba minuman hits yang satu ini. Tapi tidak semua orang tahu cara membuatnya.
Aku mau berbagi sedikit pengalaman tentang es teh manis, nih.
Beberapa tahun yang lalu, mungkin sekitar tiga atau empat tahun lalu tante memintaku untuk membuatkan es teh manis. Ya aku buatin dong (?)
Aku memasukkan dua bungkus gula rendah kalori kemudian teh celupnya. Lalu aku menuangkan air dingin dari dispenser ke gelas yang berisi gula dan teh tadi. Supaya lebih terasa es-nya, aku juga memasukkan tiga bongkah kecil es batu. Udah dingin banget, dong? Banget.
Tapi kok warna airnya tidak berubah? Biasanya kan airnya berubah warna jadi coklat. Kok ini tetap bening? Aduh ini gimana?  Kok gulanya masih ada yang belum larut juga?
JENG. JENG!!
“Mungkin tehnya kurang(?)” [ini bodoh banget sih asli] aku memasukkan satu teh celup lagi, berharap warna air dalam gelas berubah seperti air teh pada umumnya. Tapi apa? NOTHING!!  
Dari situ aku mulai panik karena tidak tahu harus bagaimana. Ini apa yang salah, sih?
Dengan pasrah aku memberikan es teh yang lebih mirip air putih dingin itu kepada tanteku. Aku sudah menyiapakan mental siap dimarahi karena bentukan es teh manis buatanku yang super gagal. Itu es teh manis apa es air putih!?
“Kok kaya gini es teh manisnya?”
“Iya. Nggak tahu.”
((Nggak tahu))
yaa aku memang benar-benar nggak tahu, guys.
-NAH
Seiring berjalannya waktu, akhirnya aku tahu penyebab kegagalanku hari itu.
Aku salah. Aku tuh kaya "OMG. LO WAKTU SEKOLAH BELAJAR APAAN!!?" ke diri aku sendiri waktu akhirnya aku ingat kalau gula itu sulit larut dalam air dingin.
Baka banget habisnya dulu gemes -_- huft.
Meskipun namanya es teh manis, tetapi cara membuatnya sama seperti kita membuat teh manis hangat biasa. Bedanya, setelah diaduk, kita tambahkan es batu ke dalam gelasnya dan jadilah ES teh manis! Jadi yang membuat dingin minuman ini bukan karena kita menyeduhnya langsung dengan air dingin dari kulkas atau dispenser tapi karena Es batu yang kita masukkan setelah tehnya jadi. Tentu saja warna coklat khas teh dan gula yang larut dalam air seperti ini:
source: google.com

No comments:

Post a Comment

Dua Puluh Tahun

Tenang, kali ini kita tidak akan bertemu aku 20 tahun lalu. Haha. Dua puluh tahun adalah alasanku 'menolak' orang yang pertama kali ...